Riwayat Pembuatan Prasasti TMP MAS TRIP Jln Salak Malang

1. Foto Prasasti yang terpasang menghiasi TMP mas Trip di jalan Salak/jalan Pahlawan Trip di Malang.
Terpasang megah pada tahun 1959 sampai hari ini. tanggal 31 Juli tahun 1994.

2. Pada tahun 1958, Yayasan Perbaikan Makam yang diketuai oleh Sdr. Soendoro SH, mengutus dua orang anggota Yayasan, yaitu : Sdr. Abdullah Kusrin dan sdr almarhum Ir Subadi, untuk menghadap Bapak Presiden SOEKARNO dengan maksud mohon restu dan perkenan Bapak Presiden dalam rangka pembuatan Prasas┬Čti yang akan dipasang dimakam Pahlawan mas Trip jalan Salak/jalan Pahlawan Trip Malang, dimana 35 orang anggota Trip gugur dalam menunaikan tugas dimedan laga. Uniknya dimakamkan dalam Prasasti satu lobang/makam.

3. Berangkatlah utusan kita sdr Abdullah Kusrin dan sdr Ir Subadi ke Jakarta, untuk menghadap Bapak Presiden Soekarno. Alhamdulillah utusan kita dapat diterima dengan baik. Ringkasnya utusan kita menyampaikan maksud dan tujuan meng-hadap Bapak Presiden dan kemudian direstui. Dapat dibayangkan, bagaimana rasa bangga, gembira dan blongnya karena tidak sia-sia datang ke Jakarta menghadap Bapak Presiden dan oleh gawe. Pembuatan Prasasti di TMP masa Trip jalan Salak disetujui/direstui.

4. Selanjutnya Bapak Presiden SOEKARNO (BUNG KARNO) mengajukan pertanyaan kepada utusan kita (sdr Abdullah Kusrin dan Ir Subadi alm).
“Berapa besar PRASASTI yang akan dibuat? Apa petunjuk Bung Karno.
“Siapkan papan tulis sebesar Prasasti yang akan dibuat. Nanti sore bawa kemari”.
Singkatnya utusan pada sore harinya kembali menghadap Bapak Presiden dengan membawa papan tulis yang dimaksud. Tidak keorito bagaimana jungkir baliknya utusan kami menyiapkan papan tulis dengan ukuran tertentu dalam waktu yang sangat singkat. Pokoknya pada sore harinya menghadap kembali dengan membawa papan tulis yang dimaksud.
Bersambung…

Riwayat Pembuatan Prasasti TMP MAS TRIP Jln Salak Malang 2