MALANG – Rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kota Malang, Jumat (16/8) , di awali dengan ziarah rombongan ke TMP Pahlawan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Ini menjadi hal baru yang dilakukan Pemkot Malang dalam mengawali rangkaian HUT Kemerdekaan RI.  Sebelumnya, TMP Suropati yang menjadi tujuan ziarah ke taman makam pahlawan.

Wali Kota Malang Sutiaji bersama Wawali Sofyan Edi Jarwoko dan Forkopimda Kota Malang mengikuti ziarah rombongan ke TMP Pahlawan TRIP. Hadir pula para veteran dan keluarga besar Pahlawan TRIP Kota Malang untuk bersama-sama ziarah dan tabur bunga di makam para pahlawan TRIP.

“Pagi ini, kita bersama-sama meneladani perjuangan pahlawan TRIP. Karena ini perjuangan para pelajar saat itu yang resah dengan kondisi bangsa ini. Meski saat ini masih berstatus pelajar, tapi mereka ikut berjuang untuk bangsa ini. Dan ini menjadi satu-satunya monumen pahlawan pelajar di Indonesia,” kata Wali Kota Malang Sutiaji yang memimpin ziarah rombongan ke TMP Pahlawan TRIP.

Dijelaskannya, perjuangan pahlawan TRIP juga bisa menjadi teladan bagi generasi saat ini. Disaat resah melanda karena banyak anak yang tidak lagi menghormati orang tuanya dan juga para pejuang.

“Pahlawan TRIP inilah bisa menjadi contoh bagi kita semua, teladan tanpa pamrih untuk bangsa ini. Ke depan, Indonesia harus diisi dengan cita-cita luhur untuk Indonesia maju,” ungkapnya.

Meski menjadi hal baru (ziarah ke TMP Pahlawan TRIP, red) yang dilakukan pada kali ini, ziarah ke TMP Suropati yang ada di Jalan Veteran akan tetap dilakukan. Apel kehormatan dan renungan suci digelar Jumat (16/8) jam 24.00 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Jalan Veteran, Kota Malang. (aim)

Original Source: Malang Post